Resep: Ketupat express

Resep Ayam Woku Kemangi Khas Minahasa

Ayam Woku Kemangi Khas Minahasa. Dulu waktu kuliah sering banget jajan makan ini. Masih ingat banget nama warung makannya "Mitotin". Ayam woku kemangi ini cocok buat makan malam atau bekal kantor.

Ayam Woku Kemangi Khas Minahasa Ternyata, perbedaannya, ayam woku memiliki ciri khas pada kemangi, sedangkan ayam bumbu rujak lebih ke arah pedas manis. #MasakanSulawesi Resep Ayam Woku, Cita Rasa Pedas Aromatik Khas Sulawesi Utara; Resep Ayam Woku, Cita Rasa Pedas Aromatik Khas Sulawesi Utara. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit. Ayam woku dengan bumbu kuning pedas adalah favoritnya di masakan Minahasa. Anda dapat mengolah Ayam Woku Kemangi Khas Minahasa dengan 23 bahan and 6 langkah. Berikut ini adalah cara untuk mengolah nya.

Bahan-bahan dari Ayam Woku Kemangi Khas Minahasa :

  1. Sediakan 1 ekor ayam kampung muda (me : ayam broiler, 900 g).
  2. Siapkan 1 buah jeruk nipis (diperas) (lihat tips).
  3. Sediakan 3 sdm minyak utk menumis (me : 5 sdm).
  4. Siapkan ✅Bahan A (Bumbu yg dihaluskan) :.
  5. Sediakan 8 buah cabai merah keriting (me : 40 g).
  6. Siapkan 5 buah cabai rawit merah(me : 4 buah).
  7. Siapkan 2 cm jahe.
  8. Sediakan 2 cm kunyit.
  9. Sediakan 4 butir kemiri (sdh disangrai/digoreng).
  10. Sediakan 1 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus.
  11. Siapkan 1 buah tomat merah (me : 80 g).
  12. Sediakan ✅Bahan B:.
  13. Siapkan 4 lembar daun jeruk, iris halus.
  14. Sediakan 1 lembar daun kunyit, iris halus.
  15. Sediakan 1 lembar daun pandan muda, iris halus.
  16. Sediakan 500 ml air (me : 200 ml).
  17. Siapkan ✅Bumbu seasoning :.
  18. Siapkan 1 sdt garam/sesuaikan selera.
  19. Sediakan 1 sdt kaldu bubuk.
  20. Sediakan 1 sdt gula.
  21. Sediakan ✅Bahan C :.
  22. Sediakan 2 batang daun bawang, iris kasar.
  23. Sediakan 30 helai daun kemangi.

Simak resepnya berikut ini agar bisa membuatnya di rumah! Makanan khas Manado selanjutnya adalah ayam woku belanga. Woku sendiri merupakan bumbu khas Manado yang terbuat dari berbagai macam bahan yaitu cabai merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, jahe, serai, kunyit, daun jeruk, daun kunyit, daun kemangi, daun pandan, daun bawang, tomat, air perasan jeruk nipis, serta bahan-bahan lainnya yang. Ayam woku biasanya dimasak hingga kuahnya mengental dan sedikit menyusut.

Cara memasak Ayam Woku Kemangi Khas Minahasa :

  1. Ayam dipotong-potong sesuai selera. Kucuri ayam dengan air jeruk nipis. Biarkan 15 menit. Panggang ayam di atas grill pan smpe kulitnya agak kering dan kecoklatan..
  2. Sambil menunggu proses panggang ayam. Siapkan bumbu, ada yg dipotong2, ada yg dihaluskan..
  3. Panaskan minyak,Tumis bumbu halus hingga harum Masukkan potongan ayam, aduk hingga bumbu meresap.
  4. Tuangi air, biarkan mendidih. Tambahkan bahan B dan bumbu seasoning. Masak ayam hingga matang dan kuah menyusut. Cek rasa..
  5. Terakhir tambahkan bahan C. Angkat, sajikan hangat..
  6. Tips dari detikfoods: • Jika suka tekstur ayam lebih renyah, goreng sebentar ayam hingga agak kecokelatan bagian luarnya tetapi tidak kering. Atau bakar ayam di atas bara api arang hingga agak kering kulitnya. • Sebaiknya masak ayam hingga kuahnya kental atau hampir habis jika akan disimpan. Untuk menghangatkan cukup dikukus selama 15 menit. • Tambahkan kemangi dan daun bawang di saat terakhir agar masih terasa tekstur renyah segarnya..

Sajian ini adalah lauk yang sangat cocok bersanding dengan nasi putih panas. Hati-hati, bila menurut pengalaman, nasi sepiring saja belum cukup untuk puas menikmatinya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan khas Manado yang satu ini bercita rasa pedas dan sarat akan penggunaan daun rempah, seperti daun kemangi, daun. TIMESINDONESIA, JAKARTA - Ayam woku, sajian berbahan utama ayam ini merupakan masakan khas Manado, Sulawesi Utara. Rasanya yang pedas menggelegar dengan sentuhan kuat aroma kemangi mebaut masakan ini kian terasa istimewa dilidah.

Komentar