Resep: Ketupat express

Resep Ayam Woku Kemangi pedas

Ayam Woku Kemangi pedas. Ayam woku kemangi ini cocok buat makan malam atau bekal kantor. Makanan khas Minahasa terkenal dengan beragam bumbu segar, memakai bahan segar dan banyak cabe. Monmap, aku lagi ngisi suara disampingnya mas bojo lagi ngedrakor sambil ngetawain.

Ayam Woku Kemangi pedas Hay Teman-teman di sini saya akan memasak Resep Ayam Woku Kemangi , Kalo ada yang belum tau cara membuat Ayam Woku Kemangi, yuk tonton video nya terus. Ayam woku biasanya dimasak hingga kuahnya mengental dan sedikit menyusut. Sajian ini adalah lauk yang sangat cocok bersanding dengan nasi putih panas. Anda dapat memasak Ayam Woku Kemangi pedas dengan 18 bahan and 5 langkah. Berikut ini adalah cara untuk memasak makanan tersebut.

Bahan-bahan dari Ayam Woku Kemangi pedas :

  1. Siapkan 1/2 potong dada ayam (dipotong sedang saja).
  2. Siapkan 1 papan Tempe (dipotong sesuai selera/bisa skip).
  3. Sediakan 6 butir bawang merah.
  4. Sediakan 4 butir bawang putih.
  5. Siapkan 8 buah cabe rawit (merah&hijau).
  6. Sediakan 5 buah cabe merah keriting.
  7. Siapkan 1 ruas lengkuas.
  8. Sediakan 1 ruas jahe.
  9. Sediakan 1 ruas kunyit.
  10. Siapkan 2 batang sereh digeprek.
  11. Sediakan secukupnya daun salam & daun jeruk.
  12. Siapkan 4 butir kemiri.
  13. Siapkan secukupnya daun bawang.
  14. Sediakan 2 ikat kemangi.
  15. Sediakan 1/2 buah jeruk nipis.
  16. Siapkan secukupnya Garam & masako.
  17. Sediakan 600 ml air.
  18. Sediakan secukupnya minyak.

Hati-hati, bila menurut pengalaman, nasi sepiring saja belum cukup untuk puas menikmatinya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan khas Manado yang satu ini bercita rasa pedas dan sarat akan penggunaan daun rempah, seperti daun kemangi, daun. Lihat juga resep Ayam Woku Kemangi enak lainnya. Lihat juga resep Ayam woku kemanggi enak lainnya.

Langkah-langkah memasak Ayam Woku Kemangi pedas :

  1. Cuci bersih ayam tiriskan,lumuri dengan jeruk nipis agar bau amis hilang...setelah itu rebus sebentar dengan air dan bawang putih digeprek diberi sedikit garam sampai ayam setengah matang...setelah itu matikan kompor diamkan sebentar (air rebusan jangan dibuang untk kaldu).
  2. Haluskan bumbu2 (bawang merput,cabe,kemiri,lengkuas,jahe,kunyit,ketumbar) geprek sereh,daun salam,daun jeruk.
  3. Tumis bumbu halus sampai tercium harum kemudian masukkan sereh,daun salam & daun jeruk tggu beberapa saat lalu masukkan ayam dn air kaldu rebusan tadi ke dalam tumisan..jika air kurang bisa ditambah sedikit saja sampai kira2 ayam terendam.
  4. Tunggu sampai air sedikit surut dan bumbu sudah meresap ke ayam lalu masukkan daun kemangi dan beri garam/masako... koreksi rasa karena sudah ada kaldu ayamnya sebaiknya masako dikit saja.
  5. Tunggu sampai air surut semua kemudian angkat dan hidangkan.

Sehingga menjadi masakan ayam woku tanpa kemangi. Citarasa dari daun kemangi memang mampu menyedapkan setiap masakan. Tak terkecuali menu ayam dengan bumbu pedas ini. Jangan lupa untuk memasukkan kemangi terakhir kali sesaat masakan akan diangkat, agar tidak terlalu layu & hilang citarasanya. Biasanya cita rasa masakan ayam kemangi ini cenderung pedas namun tetap bikin nagih.

Komentar